Hakim Mediator Pengadilan Negeri Sei Rampah Kembali Berhasil Mendamaikan Para Pihak Berperkara

Sei Rampah – Kamis, 7 Oktober 2021. Hakim Mediator Pengadilan Negeri Sei Rampah, Steven Putra Harefa, S.H., M.Kn., berhasil mendamaikan para pihak yang berperkara dalam perkara perdata nomor 43/Pdt.G/2021/PN Srh. Penggugat dan Tergugat yang mengikuti proses mediasi sejak tanggal 13 September 2021 sampai dengan tanggal 7 Oktober 2021 tersebut akhirnya sepakat untuk berdamai. Dengan adanya kesepakatan perdamaian ini, kedua belah pihak sepakat untuk segera mengakhiri sengketa dan Penggugat akan segera melakukan pencabutan gugatan perceraiannya.

Saat dikonfirmasi, Steven Putra Harefa, S.H., M.Kn selaku Hakim Mediator menyampaikan bahwa mediasi tersebut dapat berhasil juga karena adanya peran aktif dari para pihak untuk menyelesaikan perkara secara kekeluargaan.

Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah, Rio Barten T. H., S.H., M.H., saat dikonfimasi menyampaikan bahwa ia mengapresiasi keberhasilan mediasi tersebut. Barten juga menyampaikan ia senantiasa mengingatkan para Hakim Mediator untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan mediasi dan untuk tidak menganggap mediasi sebagai formalitas belaka. Selain itu, Barten juga menyampaikan bahwa konsep Restoratif Justice atau Keadilan Restoratif yang selama ini dikenal dalam perkara pidana juga dapat diterapkan dalam proses mediasi perkara perdata yakni pihak yang merasa dirugikan/dilanggar haknya, sedapat mungkin ditemukan solusi untuk mengembalikan keseimbangan kepentingan diantara kedua belah pihak melalui musyawarah sehingga nantinya tidak ada pihak yang merasa dirugikan. “Dengan keberhasilan mediasi ini, maka jumlah perkara perdata Pengadilan Negeri Sei Rampah tahun 2021 yang berhasil diselesaikan melalui mediasi bertambah menjadi 4 perkara”, pungkas Barten.

Selamat atas keberhasilan Hakim Mediator Pengadilan Negeri Sei Rampah dalam mendamaikan para pihak yang berperkara. Semoga ke depannya lebih banyak perkara perdata yang dapat diselesaikan melalui mediasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami